Plus Minus CCTV Wifi

Kelebihan dan Kekurangan Camera CCTV Wifi

Pengertian CCTV Wifi : 
CCTV (Closed Circuit Television) Wifi merupakan kamera CCTV yang tanpa menggunakan kabel (nirkabel) . CCTV ini ideal untuk di aplikasikan dimana kita menginginkan solusi pengawasan yang nyaman, fleksibel, dan mudah digunakan.Pengiriman gambar dan videonya secara Wireless melalui jaringan Wifi local ataupun internet. Oleh karena itulah CCTV ini biasa disebut dengan CCTV Wifi.Meskipun Wireless, CCTV Wifi ini tetap perlu dicolokkan ke sumber listrik menggunakan adaptor untuk catu dayanya, meskipun beberapa variasi sudah menggunakan batere.

Penggunaan CCTV Wifi lebih diperuntukkan untuk penggunaan pribadi, seperti di rumah pribadi meliputi ruang keluarga, kamar pribadi, hingga tempat parkir mobil dan motor di dalam rumah. CCTV Wifi tidak cocok digunakan di area publik sebab lebih mudah diambil oleh orang lain.
CCTV Wifi menyimpan rekamannya secara local dalam kartu micro SD yang dipasang pada camera, dan dapat juga menyimpan rekamannya pada cloud server berbayar, seperti Google, Alibaba, Telkom, Biznet, dll.
Untuk monitoring keseharian CCTV Wifi menggunakan aplikasi yang di install pada Android atau IOS, dan dapat ditampilkan di TV menggunakan Smart TV atau tambahan alat STB (Set Top Box) Android, untuk TV biasa.
Agar kita lebih memahami CCTV Wifi , berikut beberapa kelebihan dan kekurangan CCTV Wifi.


Kelebihan CCTV Wifi : 

- Instalasi lebih mudah
Sesuai dengan kata diatas CCTV Wifi sangat mudah dalam instalasi dan pemasangannya. Berbeda dengan kamera IP ataupun analog yang harus memikirkan manajemen kabel, dengan CCTV Wifi yang tidak perlu memikirkan manajemen kabel untuk instalasinya dan tentu pemasangan menjadi lebih mudah ditambah saat ini sudah banyak produk CCTV Wifi yang sudah disertai manual book dan video tutorial, sehingga bisa lebih mudah dipelajari dan dilakukan pemasangan dan instalasi seorang diri.


- Lebih fleksibel untuk penempatan maupun merelokasi kamera.
Berbeda dengan kamera ip atau analog (berkabel) yang perlu mempertimbangkan penempatan kamera, panjang kabel yang dibutuhkan, dll. Kamera CCTV Wifi lebih mudah untuk menentukan tempat pemasangan bahkan sudut sudut sulit/sekalipun, dan tentunya untuk merelokasi / pemindahan penempatan CCTV Wifi menjadi lebih flexible dan simple.
- Resolusi CCTV Wifi berbeda-beda. Ada yang menggunakan resolusi high definition (HD) 2Mp, 4Mp, 5Mp dan 8Mp (4K), tergantung type dan jenis kameranya, dengan harga yang lebih murah dari CCTV IP ataupun Analog.
Semakin tinggi resolusinya, hasil gambar semakin bagus, lebih rapat dan lebih jelas. Bahkan untuk resolusi tinggi, gambar tidak akan pecah meskipun di-zoom beberapa kali.

- Fitur yang lebih komplit & canggih.

Beberapa Fitur canggih CCTV Wifi seperti : alarm, komunikasi audio 2 arah, human detection, acces control maupun sirine, yang mana memberikan notification atau pemberitahuan langsung ke smart phone bilamana hal tersebut kita aktifkan, termasuk kompabiltisa dengan perangkat smart home lainnya, seperti lampu led, plug, dan lainnya dalam satu software / aplikasi.
- Melihat rekaman dan pengaturan System CCTV Wifi lebih mudah, tidak membutuhkan DVR dan monitor untuk memantau rekaman dan setting, kita cukup mempunyai ponsel (smartphone) dan koneksi internet (wifi) untuk mengakses dan menyettingnya.


Kekurangan CCTV Wifi

- Rentan terhadap Interferensi
Kelemahan terbesar dari CCTV Wifi adalah rentan terhadap gangguan, seperti cuaca yang buruk, sinyal lemah, catu daya yang kurang, yang bisa menyebabkan rekaman video terdegradasi atau hilang.


- Bergantung pada Konektivitas Internet
CCTV Wifi harus berada dalam jangkauan WiFi agar berfungsi secara efektif, yang mana sangat berpengaruh pada jarak Modem atau router yang terpasang, walaupun kita dapat menggunakan perpanjangan WiFi untuk meningkatkan jangkauan, tetapi aka nada kemungkinan, delay, loading yang lama, ataupun gambar yang freeze dikarenakan gangguan pada jaraigan Internetnya.


- Ruang penyimpanan sedikit,
Kapasitas penyimpanan CCTV Wifi lebih sedikit karena menggunakan micro SD, serta support memory micro SD yang terbatas, maksimal support 128GB, saat ini ada beberapa type dan merk support sd 256GB, yang menyebabkan durasi waktu perekaman yang lebih pendek.


- Risiko Privasi
Mengingat bahwa CCTV Wifi terhubung langsung ke internet, mereka dapat diretas dan dibajak, ketika tindakan yang diperlukan tidak diambil untuk mengamankan jaringan, sehingga membahayakan keamanan dan privasi kita.


Seperti itulah kelebihan dan kekurangan CCTV Wifi, dari penjelasan diatas, kami berharap dapat membantu teman teman sekalian dalam menentukan pilihan CCTV yang akan digunakan.
Bila anda masih bigung, silakan konsultasi dengan kami melalui live chat Whatsapp yang ada pada website ini.smile